Friday, March 13, 2009

Sepuluh Orang dari 1.000 Pasien Rawat Inap Menderita Sepsis

Sepsis adalah penyakit infeksi darah yang belum banyak dikenal masyarakat. Namun, jenis penyakit ini telah menyebabkan angka kematian yang cukup tinggi. Terdapat sekitar 750.000 kasus per tahun dan sekitar 31 persen berakhir dengan kematian. Diperkirakan kurang lebih 10 orang dari 1.000 pasien rawat inap menderita sepsis.


Pernyataan tersebut disampaikan dr. Osman Sianipar, D.M.M., M.Sc., Sp. PK(K), dosen Bagian Patologi Klinik Fakultas Kedokteran (FK) UGM, dalam Seminar “Recent Management on Sepsis”. Seminar hasil kerja sama FK UGM dan Instalasi Patologi Klinik RSUP Dr. Sardjito ini diselenggarakan di Auditorium II FK UGM, Sabtu (7/3).


Menurut Osman, risiko kematian dihadapi penderita sepsis karena penyakit ini menyebabkan kegagalan multiorgan, seperti komplikasi pada ginjal, paru, dan otak. “Lebih membahayakan lagi jika terjadi pada anak yang berusia kurang dari 3 tahun karena sistem imunitasnya belum berkembang, para lansia, dan para penderita penyakit-penyakit berat,” katanya.


Sepsis merupakan sindrom klinis yang timbul karena respon tubuh yang berlebihan terhadap rangsangan produk mikroorganisme. Penyebab penyakit ini adalah bakteri yang berasal dari seluruh bagian tubuh, misalnya paru-paru, saluran kemih, saluran pencernaan, atau kulit. Toksin dari bakteri tersebut menimbulkan sistem imun yang menyerang organ atau jaringan tubuh sendiri.


Osman membagi sepsis menjadi 2 jenis, yakni sepsis berat dan syok septik. Sepsis berat adalah sepsis dengan komplikasi gangguan fungsi organ, hipoperfusi jaringan atau organ. Jenis yang kedua, syok septik merupakan sindrom dengan ciri hipotensi arterial yang persisten pada pasien septik.


“Pasien yang terserang sepsis menunjukan tanda-tanda klinis seperti suhu tubuh tinggi atau sangat rendah, menggigil, detak jantung lebih cepat, frekuensi pernapasan meningkat, dan jumlah hitungan leukosit kadang lebih tinggi atau sangat kurang,” jelas Osman. (Humas UGM/Ika)

No comments:

Post a Comment

Search Web Here :

Google
Hope all visited can search anything in "Goole Search" above. click button BACK" in page search)