Wednesday, March 4, 2009

LPPM UGM kunjungi jajaran pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara

Dalam rangka meningkatkan jalinan kerja sama dengan pemerintah daerah, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UGM mengadakan berbagai kunjungan ke sejumlah pemerintah daerah, baik kabupaten/kota maupun provinsi. Salah satu wilayah yang dikunjungi adalah Kabupaten Kutai Kartanegara. Kunjungan kali ini dikhususkan untuk menjajagi kemungkinan kerja sama lebih lanjut dengan kabupaten tersebut.

Tim LPPM UGM yang terdiri dari Ketua LPPM (Prof. Dr-Tech. Ir. Danang Parikesit, M.Sc.), Kepala Bidang Pengelolaan Kerja Sama Riset dengan Lembaga Pemerintah dan Internasional LPPM (Ir. Ambar Pertiwiningrum, M.Si., Ph.D.), dan Sri Wahyuni S.E. melakukan kunjungan ke jajaran Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara pada 20 Februari 2009. Tim diterima di kantor bupati pada pukul 09.00 waktu setempat. Kunjungan diharapkan dapat memperluas kerja sama yang pernah dilakukan kedua belah pihak dan menginisiasi kerja sama baru untuk mendukung tercapainya tujuan pembangunan di Kutai Kertanegara.

Berbagai kerja sama ditawarkan dengan mengacu pada isu lokal dan tiga strategi pembangunan Kutai Kartanegara. Pertama, meningkatkan kapasitas dan kualitas pelayanan publik. Kedua, memacu pemerataan dan pertumbuhan ekonomi (pertanian, peternakan, perikanan, dan kelautan). Ketiga, meningkatkan pembangunan teritorial. Dari hasil diskusi dengan Tim LPPM, pihak Pemkab sangat menyambut baik tawaran tersebut. Pembangunan Kutai Kartanegara sangat memerlukan bantuan pihak universitas dalam memecahkan problem yang ada. Tujuannya adalah menumbuhkan ekonomi kerakyataan yang tidak menggantungkan pada industri migas.

Beberapa poin yang akan segera ditindaklanjuti adalah dalam bidang pariwisata, pertanian terpadu, dan Desa Mandiri Energi. Inisiasi tersebut akan segera diwujudkan dalam bentuk mini expo, workshop, dan in house training. Kegiatan direncanakan akan dilaksanakan pada bulan Mei 2009, bersamaan dengan penandatanganan MoU. Untuk keperluan itu, akan segera dibentuk panitia terkait program yang ditawarkan. Guna mewujudkan tujuan yang diharapkan, dalam kerja sama ini UGM akan mengajak perguruan tinggi, NGO, dan lembaga riset yang ada di wilayah Pemkab Kutai Kartanegara dan Kalimantan Timur untuk dijadikan mitra lokal.

Selain ke Pemkab Kutai Kartanegara, Tim LPPM juga mengadakan kunjungan ke Chevron Kalimantan Timur, audiensi dengan Gubernur Kalimantan Timur, dan melakukan pertemuan dengan Kagama Pengda Kalimantan Timur pada 21 Februari 2009. Kunjungan, audiensi, dan pertemuan tersebut diharapkan dapat mempererat dan memperluas kerja sama UGM dengan berbagai pihak.

No comments:

Post a Comment

Search Web Here :

Google
Hope all visited can search anything in "Goole Search" above. click button BACK" in page search)