Monday, March 16, 2009

Lima Puluh Siswa SMU Se-Indonesia Mengikuti Olimpiade Kehutanan Indonesia 2009

Sebanyak lima puluh siswa SMU atau yang sederajat se-Indonesia direncanakan mengikuti lomba cerdas cermat dalam Olimpiade Kehutanan Indonesia (OKI) 2009. Olimpiade diselenggarakan oleh Keluarga Mahasiswa Manajemen Hutan (KMMH) Fakultas Kehutanan UGM dengan mengambil tema “Generasi Muda Cerdas dan Cekatan dalam Perbaikan Lingkungan”. Untuk lomba cerdas cermat akan dilangsungkan selama 3 hari, yakni tanggal 12-14 Maret 2009 di Hutan Pendidikan Wanagama I UGM.


Dijelaskan oleh Khamdan Primandaru selaku Ketua Panitia OKI 2009, lima puluh siswa yang akan mengikuti lomba cerdas cermat dijaring melalui proses seleksi terlebih dahulu. “Tahap awal seleksi dilakukan dengan seleksi karya tulis bertema lingkungan dan seleksi hasil jawaban dari soal-soal tentang kehutanan sebanyak 20 buah,” kata Khamdan di kampus UGM, Selasa (10/3).


Selama tiga hari, ke-50 peserta direncanakan akan mengikuti beberapa tahapan seleksi, yakni penyisihan I, penyisihan II, babak 9 besar, dan tahap penentuan ialah lomba cerdas cermat yang diikuti oleh 3 besar.


Lebih lanjut mahasiswa Jurusan Manajemen Hutan angkatan 2006 ini menuturkan juara I akan memperoleh tropi bergilir Menteri Kehutanan RI dan tropi Rektor UGM. Juara II mendapatkan tropi Dekan Fakultas Kehutanan UGM dan juara III akan membawa pulang tropi Ketua KMMH Fakultas Kehutanan UGM.


Khamdan menjelaskan OKI merupakan agenda dua tahunan Himpunan Mahasiswa Jurusan Fakultas Kehutanan UGM. Kegiatan ini yang kedua kalinya diselenggarakan. Olimpiade pertama diselenggarakan pada 2007 silam.


Di samping lomba cerdas cermat, dalam OKI 2009 ini juga diselenggarakan seminar nasional yang bertajuk “Internalisasi Moral Lingkungan pada Generasi Muda sebagai Penggerak Roda Peradaban di Masa Depan”. Seminar akan digelar di University Club UGM pada 11 Maret 2009. Pembicara yang akan hadir adalah Dr. Ir. Haryadi, M.B.A., M.M., (Sekditjen Perlindungan Hutan dan Konservasi Alam), Prof. Dr. Ir. Mochamad Maksum (Guru Besar Fakultas Teknologi Pertanian UGM), Prof. Dr. Ir. Chafid Fandeli, M.S. (dosen Fakultas Kehutanan UGM), dan Ir. Joko Widodo (Walikota Solo). Pada hari berikutnya, Minggu, 15 Maret 2009 akan diadakan Tour the Jogja dan pentas seni di Museum Perjuangan Serangan Umum 1 Maret. (Humas UGM/Ika)

No comments:

Post a Comment

Search Web Here :

Google
Hope all visited can search anything in "Goole Search" above. click button BACK" in page search)