Monday, March 9, 2009

Himpunan Mahasiswa Diploma 3 Teknik Mesin Fakultas Teknik UGM Gelar "Mechanical Fair 2009

Himpunan Mahasiswa Diploma 3 Teknik Mesin Fakultas Teknik UGM menggelar Mechanical Fair 2009 pada tanggal 2-4 Maret 2009. Acara yang berlangsung di Fakultas Teknik UGM ini mengusung tema "Kecepatan, Ketepatan, dan Profesionalisme sebagai Kemampuan Berteknologi dalam Menghadapi Era Otomatisasi dan Globalisasi".

Dijelaskan oleh Ketua Umum Panitia, Andhi Akhmad Ismail, S.T., dalam persaingan global saat ini para tenaga ahli dituntut untuk memproduksi dengan kualitas yang tidak kalah dengan produksi luar negeri. Hal itulah yang mendasari diselenggarakannya kegiatan ini. Kualitas tenaga ahli dalam pendidikan kejuruan sangat berpengaruh. Namun, selama ini masih jarang instansi yang mengadakan kegiatan yang digunakan sebagai tolok ukur kemampuan peserta didik dari kejuruan. "Maka dari itu, Program D3 Teknik Mesin yang berkompetensi untuk mencetak profesional muda di dunia industri merasa perlu mengadakan kegiatan seperti ini,"imbuhnya.

Mechanical Fair 2009 yang berlangsung selama 3 hari ini terdiri atsa serangkaian kegiatan, yakni Kompetisi Metrologi, Kompetisi Pneumatik, Seminar Otomasi dan Pengukuran, serta Pameran SMK dan Industri. Hari Selasa (3/2) berlangsung dua kegiatan secara bersamaan, yaitu Seminar Otomasi dan Pengukuran dan Kompetisi Metrologi. Seminar ditujukan untuk kepala sekolah se-Jateng-DIY, sedangkan kompetisi diikuti oleh 42 peserta SMK se-Jateng_DIY. Kompetisi Metrologi merupakan kompetisi dalam penggunaan alat ukur, seperti vernier caliper dan mikrometer.

Sehari sebelumnya, telah berlangsung Kompetisi Pneumatik yang merupakan salah satu sistem pendukung otomasi selain motor listrik. Para peserta saling berkompetisi dalam merakit rangkaian pneumatik. Kompetisi yang diikuti oleh 8 tim dari SMK se-Jateng-DIY ini memunculkan 3 pemenang. Peringkat pertama diraih oleh tim SMK N VII Semarang. Posisi kedua dan ketiga diduduki oleh tim SMK N II Depok Sleman (STM Pembangunan).

Sementara dalam pameran industri yang telah berlangsung sejak Senin, ditampilkan produk-produk dan alat industri. Pameran diikuti oleh PT Kawan Lama, distributor Mitutoyo (alat-alat ukur), PT Trimaksindo, distributor tunggal Wonderware. (Humas UGM/Ika)

No comments:

Post a Comment

Search Web Here :

Google
Hope all visited can search anything in "Goole Search" above. click button BACK" in page search)