Friday, March 13, 2009

Promosi Beasiswa Asean University Network

Dalam rangka memberikan kesempatan untuk memperoleh beasiswa pendidikan master dan doktor di luar negeri, Asean University Network (AUN/SEED-Net) akan menggelar open house di UGM, Selasa, 10 Maret 2009. Acara direncanakan digelar di ruang lantai 2 gedung KPTU Fakultas Teknik UGM. Open house akan diikuti oleh anggota AUN Net, antara lain, Chulalongkorn University, King Mongkut Institute of Technology, De La Salle University, University of the Philippines Dilliman, University Malaya, University Sain Malaya, Universitas Gadjah Mada (UGM), dan Institut Teknologi Bandung (ITB).


Nazarul Effendy, Ph.D. selaku ketua panitia menjelaskan acara ini bertujuan memberi kesempatan kepada alumni dan staf pengajar Fakultas Teknik (FT) UGM untuk mendapatkan beasiswa pendidikan master dan doktor di luar negeri. Di samping promosi beasiswa, juga ditawarkan pembiayaan riset. Namun, pembiayaan riset hanya diperuntukkan bagi staf pengajar FT UGM. Lebih lanjut Nazarul mengatakan para peserta dari UGM tidak dapat mengambil program studi di UGM, tetapi di negara-negara anggota AUN di luar negeri.


“Mahasiswa tidak bisa bebas memilih universitas anggota AUN begitu saja sebagai tujuan studi selanjutnya. Tiap-tiap universitas telah ditunjuk sebagai host institution dalam program studi tertentu. Untuk UGM ditetapkan oleh AUN sebagai host institution untuk Geologi,” terang dosen jurusan Teknik Fisika FT UGM ini.


Acara yang rencananya berlangsung selama sehari akan dibuka oleh Dekan FT UGM, Ir. Tumiran, Ph.D. Setelah itu akan dilanjutkan dengan presentasi dari masing-masing anggota jaringan AUN dan alumni yang mengambil studi di universitas anggota AUN.


Dijelaskan Nazarul, open house ini merupakan agenda tahunan AUN. Pelaksanaannya dilakukan secara bergiliran di seluruh negara anggota AUN. Untuk kali ini, UGM mendapat kehormatan sebagai host kegiatan yang baru pertama kalinya digelar di Indonesia. Dalam waktu dekat, giliran ITB yang akan menjadi tuan rumah berikutnya.(Humas UGM/Ika)

No comments:

Post a Comment

Search Web Here :

Google
Hope all visited can search anything in "Goole Search" above. click button BACK" in page search)