Sunday, March 29, 2009

Ekonom UGM: Pilih Caleg dan Capres yang Punya Platform Tumbuhkan Kemandirian Bangsa

Menghadapi pemilihan umum legislatif dan presiden mendatang, ekonom UGM, Revrisond Baswir, mengingatkan para calon pemilih untuk tidak salah menentukan pilihan. Dukungan terutama seharusnya diberikan kepada caleg dan capres yang memiliki platform upaya nasionalisasi aset-aset strategis bangsa.



"Mereka yang memiliki komitmen kuat pada ekonomi kerakyatan dan menumbuhkan kemandirian, tentu harus mendapat dukungan," kata Revrisond. Sudah saatnya mendahulukan kepentingan nasional dan memilih orientasi memajukan kemandirian ekonomi lokal dalam kebijakan pembangunan.

"Indonesia itu butuh ekonomi kerakyatan. Sekarang ini terkesan Pemda dan Dewan memilih kebijakan beri karpet merah untuk memuluskan investasi asing yang justru merugikan ekonomi nasional," tuturnya dalam Seminar "Kemandirian Berbasis Ekonomi Lokal". Seminar diselenggarakan oleh National Press Club Indonesia di Sekolah Pascasarjana UGM, Kamis (19/3).

Hingga kini terdapat 477 daerah tingkat dua dengan 33 pemerintah tingkat provinsi di Indonesia. Dengan otonomi daerah yang ada, dirinya khawatir pejabat daerah salah memilih kebijakan dan melupakan amanat konstitusi sesuai dengan Pasal 33 UUD 1945.

Dijelaskannya bahwa perekonomian nasional saat ini membutuhkan cukup banyak kehadiran pelaku ekonomi dari pengusaha yang tumbuh di tingkat lokal. Peluang menumbuhkan kemandirian ekonomi membutuhkan dukungan banyak pihak, termasuk kalangan universitas yang berperan menciptakan sumber daya manusia unggul di bidang ekonomi.

Sementara itu, pengusaha nasional yang juga mantan Menteri Tenaga Kerja RI, Abdul Latief, mengatakan perlunya gerakan secara konseptual dan terencana untuk kembali mengembangkan ekonomi kerakyatan. “Untuk menciptakan pelaku ekonomi nasional yang kuat memang butuh proteksi kebijakan yang berpihak kepada ekonomi kerakyatan,” ujarnya.

Abdul Latief tidak mempersoalkan siapa capres dan cawapres terpilih nantinya asalkan ada kejelasan program, khususnya ekonomi, pada kabinet terpilih nanti. Ia mengimbau, “Ekonomi kerakyatan mari terus kita kembangkan, disesuaikan dengan kondisi bangsa saat ini. Silakan saja siapa yang akan memimpin asalkan ada kejelasan dan ketajaman program yang berkomitmen pada kepentingan rakyat.” (Humas UGM/Gusti Grehenson

No comments:

Post a Comment

Search Web Here :

Google
Hope all visited can search anything in "Goole Search" above. click button BACK" in page search)