Sunday, March 22, 2009

Pelantikan Dietisien Baru Program Studi S1 Gizi Kesehatan Fakultas Kedokteran UGM

Sebanyak 22 dietisien baru telah dilantik pada hari Selasa, 24 Februari 2009 di Auditorium II Fakultas Kedokteran (FK) UGM. Para dietisien baru tersebut merupakan angkatan ke-4 dari program pendidikan profesi gizi di Program Studi Gizi Kesehatan FK UGM.

Dietisien merupakan profesi yang baru di Indonesia. Oleh karena itu, diharapkan para lulusan mampu mengembangkan dan menerapkan ilmu yang didapat selama studi dengan cara yang bertanggung jawab, profesional, bermoral, dan berintegritas tinggi terhadap kepentingan nasional. Hal tersebut seperti tercermin dalam visi dan misi Program Studi S1 Gizi dan Kesehatan FK UGM. Dengan demikian, walaupun tergolong profesi baru, diharapkan dapat mempunyai pengaruh dan sumbangan terhadap permasalahan gizi dan kesehatan, baik nasional maupun internasional.

Sejak angkatan I tahun 2006, Program Profesi Gizi Program Studi S1 Gizi Kesehatan FK UGM telah meluluskan dietisien sejumlah 70 orang. Pendidikan profesi gizi di UGM merupakan pendidikan profesi pertama dan sering dijadikan rujukan atau referensi bagi penyelenggara pendidikan gizi di Indonesia.

Nilai akademik yang dicapai oleh dietisien baru yang dilantik sangat memuaskan. IPK sempurna 4,00 yang diraih oleh Maria Dora Tri Yogyantini, S.Gz. Maria merupakan mahasiswa tugas belajar yang berdinas sebagai ahli gizi di RS Panti Rapih, Yogyakarta. Lulusan lain yang meraih nilai cumlaude berjumlah 9 Orang (41%) dan nilai sangat memuaskan sebanyak 13 Orang (59%).

Acara sumpah profesi gizi dipimpin oleh Dekan FK UGM, Prof. dr. Ali Ghufron Mukti, M.Sc, Ph.D. yang sekaligus melantik para dietisien. Acara dihadiri oleh Direktur RSUP Dr. Sardjito yang dalam kesempatan tersebut diwakili oleh Direktur SDM dan Akademik, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DIY (diwakili oleh Kepala Bidang Kesehatan Keluarga), Ketua Dewan Pimpinan Daerah Persatuan Ahli Gizi Indonesia (DPD PERSAGI) DIY, jajaran Wakil Dekan FK UGM, lahan praktik profesi, dosen, instruktur profesi, dll.

Sebelum disumpah, telah diadakan acara malam pelepasan mahasiswa profesi dan swadaya di Auditorium II FK UGM pada 17 Februari 2009. Acara diisi dengan penampilan adik-adik angkatan, baik dari kelas reguler maupun swadaya. Mereka menampilkan berbagai jenis hiburan, mulai dari paduan suara, vocal group, tari modern, akustik, hingga parodi.

Sejak berdiri tahun 2003, Program Studi S1 Gizi telah meluluskan mahasiswa S1 sejumlah 428 orang, terdiri atas mahasiswa reguler 103 orang dan swadaya sejumlah 325 orang.

Mahasiswa swadaya diwisuda pada pagi harinya, 18 Februari 2009. Jumlah mahasiswa yang diwisuda sebanyak 73 orang. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) rata-rata mahasiswa yang diwisuda periode kali ini adalah 3,19 dengan IPK tertinggi 3,65 (cumlaude) diraih oleh Ririn Iryani, S.Gz.

Pada setiap sambutannya, Ketua Program Studi, dr. Emy Huriyati, M.Kes. selalu mengingatkan para lulusan, baik mahasiswa swadaya maupun profesi, agar senantiasa memegang teguh wibawa almamater dan membentuk forum komunikasi alumni. Program studi akan selalu menjembatani dan memfasilitasinya. (Ade)

No comments:

Post a Comment

Search Web Here :

Google
Hope all visited can search anything in "Goole Search" above. click button BACK" in page search)