Monday, June 8, 2015

Indonesia Potensial Jadi Pusat Peradaban

Indonesia potensial menjadi pusat peradaban di Asia. Hal ini cukup beralasan mengingat pusat peradaban mulai beralih dari Eropa dan Amerika ke kawasan Asia. Hal ini diungkapkan Mensesneg Pratikno pada Kongres Pancasila VII di Balai Senat UGM, Minggu (31/5). Kongres yang digagas oleh Pusat Studi Pancasila (PSP) UGM ini berlangsung hingga Senin (1/6).

“Pusat peradaban kini beralih ke Asia dan Indonesia berpotensi menjadi pusat peradaban,” papar Pratikno.

Menjadi pusat peradaban di Asia menurut Pratikno sekaligus akan menghantarkan Indonesia sebagai bangsa berdaulat. Indonesia akan mampu memutuskan sendiri apa yang akan dilakukan tanpa harus didikte oleh bangsa lain. Sejauh ini Indonesia telah memiliki beberapa modal berharga untuk menjadi bangsa berdaulat, seperti kepemimpinanya dalam Konferensi Asia Afrika (KAA) di tahun 1955.

“Indonesia dikenal bangsa antikolonialisme. Selain itu kita salah satu pendiri ASEAN,” katanya.
Di tempat sama Menkopolhukam Tedjo Edhy Purdijatno menyinggung bahwa Pancasila adalah dasar negara dan bukan semata-mata sebagai pilar kebangsaan. Pancasila tidak bisa disejajarkan dengan UUD 1945. Pada kesempatan itu Tedjo juga sempat menyinggung tentang demoralisasi yang tengah melanda Indonesia.

“Yang terpenting saat ini adalah moral bangsa. Moral bangsa sekarang ini nampaknya jauh dari ajaran para pendahulu,”ujar Tedjo.

Sementara itu pengamat ekonomi UGM Revrisond Baswir mengatakan jika ingin maju Indonesia harus berani menolak kapitalisme. Kapitalisme di Indonesia masih akan ada selama demokrasi yang mengemuka hanya demokrasi politik tanpa demokrasi ekonomi. Seharusnya, seperti masa Soekarno, Indonesia perlu menjalankan sosiodemokrasi yang meliputi politik dan ekonomi.

“Akibatnya demokrasi saat ini hanya menjadi sarana capital merampas kekuasaan dan tidak memperbaiki nasib rakyat,” tegas Revrisond. (Humas UGM/Satria)

No comments:

Post a Comment

Search Web Here :

Google
Hope all visited can search anything in "Goole Search" above. click button BACK" in page search)