Saturday, December 5, 2009

UGM Entaskan 22 Ribu Penyandang Buta Aksara

Yogya, KU

Sedikitnya 22 ribu penyandang buta aksara telah berhasil dientaskan UGM melalui program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat Pemberantasan Buta Aksara (KKN PPM PBA) yang berlangsung dari tahun 2006 hingga 2009. Hal tersebut disampaikan pengelola KKN PBA LPPM UGM, Dr. Irkham Widiyono, dalam Workshop ‘Upaya Percepatan Pemberantasan Buta Aksara melalui KKN PPM’ yang digelar di University Club lantai II, Kamis (19/11).

Irkham mengemukakan UGM telah melakukan percepatan pemberantasan buta aksara kepada 25 ribu warga. Sedikitnya 22 ribu warga dinyatakan telah melek aksara ditandai dengan lulus ujian keaksaraan tingkat dasar. “Sekitar 89 persen dinyatakan lulus ujian keaksaraan dasar,” katanya. Disebutkan Irkham, program percepatan pemberantasan buta aksara dilakukan di 46 kabupaten di 7 provinsi, yakni DIY, Jateng, Jabar, Jatim, DKI Jakarta, Banten, dan Jambi. PBA melibatkan sekitar 1.810 mahasiswa dan 45 dosen.

Dalam penjelasannya, Irkham mengatakan buta aksara merupakan permasalahan mendasar dalam kehidupan masyarakat. Padahal, melek aksara menjadi modal dasar untuk mewujudkan pembangunan berkelanjutan yang harus memiliki tiga pilar utama, yaitu ekonomi, sosial, dan lingkungan. Sehubungan dengan itu, perguruan tinggi berpotensi besar untuk memberikan kontribusi yang sangat signifikan dalam percepatan PBA, pembelajaran keaksaran fungsional, dan pembangunan berkelanjutan.

Sementara itu, Guno Widagdo, Kabid Pendidikan Nonformal Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, menuturkan proses pembelajaran tingkat dasar dan lanjut untuk menuntaskan masyarakat buta aksara sekaligus menjamin agar tetap melek huruf meliputi masyarakat usia 44 tahun ke atas. “Di Wonosobo sendiri, tuntas buta aksara sebesar 95 persen untuk penduduk 44 tahun ke atas pada tahun ini,” ujarnya. Disebutkannya bahwa jumlah penyandang buta aksara di Wonosobo yang dituntaskan mencapai 28.078 sejak 2006 hingga 2008. (Humas UGM/Gusti Grehenson)

No comments:

Post a Comment

Search Web Here :

Google
Hope all visited can search anything in "Goole Search" above. click button BACK" in page search)