Saturday, December 5, 2009

1.542 Lulusan UGM Diwisuda

Rektor UGM, Prof. Ir. Sudjarwadi, M.Eng., Ph.D., Kamis, 19 November 2009, kembali mewisuda 1.542 lulusan Program Sarjana dan Diploma di Auditorium Sabha Pramana. Dengan demikian, hingga Periode I Tahun Akademik 2009/2010 ini, UGM telah menghasilkan 205.621 lulusan, yang terdiri atas 29.022 lulusan Program Diploma, 131.668 Sarjana, 42.489 Magister, 1.302 Spesialis, dan 1.140 Doktor.

Untuk wisuda kali ini, waktu studi tersingkat Program Sarjana diraih oleh Nur Aini Fitriya Ardiani Aniqoh dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Ia berhasil menjadi sarjana dalam waktu 3 tahun 0 bulan. Sementara untuk Program Diploma, Thomas Rudiyanto dari Fakultas Teknik tercatat sebagai wisudawan dengan masa studi terpendek, yakni 1 tahun 11 bulan.

Sebagai lulusan termuda Program Sarjana dalam wisuda periode ini adalah Anantamurti Purwa Hapsari, yang berusia 22 tahun 8 bulan 13 hari, dari Fakultas Pertanian. Untuk Program Diploma, Reymon Onesimus Betty dari Fakultas Ilmu Budaya menjadi lulusan termuda dalam usia 20 tahun 0 bulan 23 hari. Sebanyak 243 wisudawan-wisudawati Program Sarjana dinyatakan lulus dengan predikat cumlaude, sedangkan Program Diploma 17 lulusan.

“Indeks prestasi kumulatif tertinggi Program Sarjana diraih Giovanni Yoko Kristanto dari Fakultas Teknik dengan prestasi kumulatif 3,98. Sementara untuk Program Diploma diraih Yanti Nurhasanah dari Fakultas Ilmu Budaya dengan IPK 3,70,” ujar Rektor yang disambut tepuk tangan hadirin.

Di hadapan para tamu, Rektor menyampaikan serangkaian prestasi yang telah diraih para mahasiswa UGM. Dalam kurun waktu empat bulan terakhir, sederet prestasi berhasil diukir, antara lain, Juara I dan III Pemilihan Peneliti Remaja Indonesia yang diselenggarakan oleh LIPI, Juara II, III, dan Harapan II Kompetisi Roket Indonesia oleh LAPAN, dan Juara I Kompetisi Karya Tulis Mahasiswa Nasional Bidang Ekologi Manusia di Bogor. “Memuncaki deretan tersebut, maka pada ajang Mondialogo Engineering Award 2009 di Stuttgart Jerman, empat mahasiswa Jurusan Teknik Kimia Fakultas Teknik berhasil meraih medali emas,” tutur Rektor yang kembali disambut gemuruh tepuk tangan para tamu undangan.

Dalam pesannya, Rektor mengatakan Universitas Gadjah Mada mengharapkan alumninya dapat mengambil peran penting sebagai trend setter pembangunan sistem, budaya kerja, dan kepemimpinan sebagai salah satu solusi tantangan bangsa ke depan. “Hal itu tentu saja bergulir mencari bentuk yang optimal dengan berorientasi pada cita-cita kemakmuran, keamanan, dan keadilan,” kata Rektor.

Diakui Rektor bahwa hal tersebut tidak mudah. Proses untuk itu sangat dinamis dan kompleks. Namun, para lulusan diharapkan secara kolektif akan menemukan penyelesaiannya. Saat ini, bangsa Indonesia sedang dalam percepatan transisi untuk menjadi pemeran penting bagi solusi masalah bangsa sendiri, juga dunia. “Bangsa Indonesia sedang menghadapi banyak ujian yang tidak mudah menjawabnya, memerlukan kecerdasan kolektif intelektual, emosional, dan spiritual. Oleh karena itu, para lulusan wajib untuk selalu mengembangkan kemampuan dalam menerapkan nilai-nilai Universitas Gadjah Mada untuk keadaban, kemanfaatan, dan kebahagiaan,” tuturnya. (Humas UGM)

No comments:

Post a Comment

Search Web Here :

Google
Hope all visited can search anything in "Goole Search" above. click button BACK" in page search)