Saturday, December 5, 2009

Pustakawan Sebaiknya Rutin Kunjungi Langganan Database Online

Yogya, KU

Untuk mendapatkan informasi yang akurat dan relevan bagi kebutuhan pustakawan tidaklah gampang. Beberapa informasi tidak tersedia secara gratis. Karena itu, pustakawan perlu menyediakan diri untuk online mendapatkan informasi secara gratis.

“Menggunakan database online yang telah dilanggan oleh perpustakaan. Pemustaka tidak harus pergi ke perpustakaan secara fisik. Namun, bisa mengunjungi website perpustakaan untuk mengakses database itu,” kata pustakawan dari California State University-Fullerton, John Hickok M.L.I.S., M.A., dalam diskusi “Finding Information Online” lewat video conference, Kamis (19/11), di Ruang American Corner, Perpustakaan UGM.

John Hickok mengatakan dengan masuk ke direktori online, pemustaka dapat terhindar dari informasi link-link sampah yang tidak relevan, selain itu juga menghemat waktu. Beberapa direktori online yang disebutkan John Hickok ialah reference library, seperti ipl.org, libraryspot.com, refdesk.com, dan web resources lainnya. Di samping itu, ada juga online directories, seperti google.com directory, yahoo.com directory, about.com, dan clusty.com.

Kepala Perpustakaan UGM, Drs. Ida Fajar Priyanto, M.A., mengatakan UGM telah melanggan beberapa database direktori online, misalnya Science Direct, EbscoHost, Springerlink, dan Computer Society untuk sivitas akademikanya. “Ditambah dengan dilanggankan oleh Dikti berupa penyedia data Proquest dan Ebsco. Untuk perguruan tinggi di Indonesia dapat dimanfaatkan untuk keperluan studi para mahasiwa,” kata Ida Fajar.

Dalam diskusi ‘Inovasi Perpustakaan’, Selasa (17/11), John Hickok mengatakan berbagai inovasi perpustakaan di Amerika sangat dimungkinkan untuk diterapkan di Indonesia. Beberapa inovasi yang dimaksud misalnya penggunaan software dan jaringan internet untuk meningkatkan pelayanan kepada pemustaka, sistem pelayanan berbasis pengguna, dan meningkatkan kualitas pustakawan yang bekerja di dalamnya. Selain itu, disebutkan Hickok, yakni layanan referensi dengan media web-chat 24 jam, layanan referensi di halaman web khusus, membuat tutorial untuk berbagai bidang disiplin ilmu, serta membuat jaringan dengan perpustakaan lokal dan internasional. (Humas UGM/Gusti Grehenson

No comments:

Post a Comment

Search Web Here :

Google
Hope all visited can search anything in "Goole Search" above. click button BACK" in page search)