Sunday, August 23, 2009

UGM Mewisuda 1.571 Mahasiswa Program Sarjana

Universitas Gadjah Mada (UGM) kembali mewisuda 1.571 mahasiswa program sarjana. Dengan demikian, sampai dengan Agustus 2009 ini, UGM telah meluluskan 130.365 orang sarjana dengan rata-rata waktu studi yang ditempuh adalah 4 tahun 8 bulan.

Dari jumlah 1.571 orang, 729 adalah wisudawan pria dan 842 wanita. Masa studi tersingkat diraih oleh Melati Nurkirana Yunisari dari Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) dengan waktu 3 tahun 5 bulan. Sementara itu, lulusan termuda adalah Arief Setiawan dari Fakultas Teknik, dengan usia 19 tahun 6 bulan 25 hari. Pada wisuda kali ini, tercatat 310 orang atau 23,57% dari keseluruhan wisudawan lulus dengan meraih predikat cumlaude. Indeks prestasi kumulatif (IPK) tertinggi diraih oleh Karina Nugrahati Putri dan Sa’ida Rusdiana, keduanya dari Fakultas Hukum, dengan IPK sempurna, yaitu 4,00.

Rektor UGM, Prof. Ir. Sudjarwadi, M.Eng., Ph.D., menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh wisudawan atas keberhasilan yang telah diraih. “Peristiwa yang sedang kita ikuti saat ini merupakan bukti bahwa pengorbanan yang selama ini diberikan oleh keluarga telah menghasilkan buah yang memberikan rasa syukur atas tercapainya sebuah harapan kelulusan,” tutur Rektor dalam pidato sambutan acara tersebut, Rabu (19/8) di Grha Sabha Pramana UGM.

Dikatakan Rektor, UGM mengharapkan alumninya mampu mengambil peran penting sebagai trendsetter deregulasi yang terus bergulir mencari bentuk terbaik, berorientasi pada cita-cita kemakmuran, keamanan, kesejahteraan, dan keadilan. Hal tersebut memang tidak mudah karena proses ekonomi dan bisnis dunia dipengaruhi oleh proses politik, pendidikan, dan berbagai parameter nonsektoral.

Saat ini, UGM semakin intensif menjalankan program-program perbaikan kultural berbasis pendidikan dan pembentukan karakter. “Untuk itu, UGM menitipkan bagian cita-cita pada Saudara di manapun berada, untuk menjalani pendidikan sepanjang hayat dalam usaha memperbaiki kualitas kepemimpinan bangsa,” pesan Rektor.

Di UGM, imbuh Rektor, terdapat berbagai akses yang mendukung alumni. Akses tersebut makin intensif mutu dan perannya melalui upaya khusus bidang alumni. Oleh karena itu, Rektor menyeru para wisudawan agar tidak gamang untuk mengakses website UGM dan tidak ragu-ragu berinisiatif untuk berkomunikasi. UGM senantiasa mendukung dan menunggu kabar kesuksesan alumninya yang bekerja untuk memberi kontribusi besar pada solusi persoalan bangsa dan negara.

Pada wisuda kali ini, UGM sengaja menghadirkan mahasiswa berprestasi dalam berbagai bidang, baik di tingkat nasional maupun internasional. Beberapa mahasiswa tersebut, antara lain, peraih juara I Shell Live Wire Business Star-up Award 2009 dan juara I Kompetisi Statistik Nasional 2009. Selain mengundang mahasiswa berprestasi, UGM juga mengundang perwakilan korps guru yang diwakili oleh beberapa Kepala SD, SMP, dan SMA untuk menyaksikan alumni sekolahnya diwisuda. Mereka, antara lain, berasal dari SD Nglipar Gunungkidul, SD Tuksono Sentolo, SMP N 1 Sentolo, SMP N 2 Pandak, SMP N 12 Yogyakarta, SMA N 1 Kasihan, Bantul, dan SMA N 10 Yogyakarta.(Humas UGM/Ika)

No comments:

Post a Comment

Search Web Here :

Google
Hope all visited can search anything in "Goole Search" above. click button BACK" in page search)