Saturday, February 28, 2009

Akan Diikuti 3.881 Peserta, Ujian PBS Digelar Minggu, 1 Maret 2009

Sebanyak 3.881 peserta Ujian Masuk (UM) UGM jalur Penelusuran Bakat Swadana (PBS) akan mengikuti ujian secara serentak di tujuh kota di Indonesia, Minggu (1/3). Dari jumlah tersebut, 2.091 peserta akan menjalani ujian di Yogyakarta. Peserta selebihnya akan mengikuti ujian yang sama di enam kota lain. Di BSD Tangerang, peserta yang akan berkompetisi sebanyak 332 orang. Jumlah yang lebih sedikit, 170 orang, akan bersaing di Palembang. Peserta lain sebanyak 361 orang akan mengadu kemampuannya di Balikpapan. Jakarta menjadi lokasi pelaksanaan ujian dengan peserta 488 orang. Dua tempat lainnya adalah Pekanbaru dan Lampung dengan jumlah peserta masing-masing 273 dan 166 orang. Dibandingkan dengan peserta tahun 2008 yang berjumlah 3.032 orang, tahun ini jumlah peserta mengalami sedikit peningkatan. Peningkatan sangat terasa di lokasi ujian Yogyakarta. Jika tahun lalu hanya diikuti oleh 1.308 peserta, tahun ini bertambah menjadi 2.091 peserta.

Menurut Sekretaris Direktorat Administrasi Akademik UGM, Drs. Agus Wiranto, ujian PBS di Yogyakarta akan berlangsung di kampus UGM. Tiga fakultas yang akan digunakan sebagai lokasi tes adalah Fakultas Kehutanan, Fakultas Peternakan, dan Fakultas Teknologi Pertanian. Ujian akan dimulai pada pukul 08.00 sampai dengan 12.20. Materi-materi yang diujikan dikelompokkan menjadi dua kategori tes, yakni Tes Bakat Skolastik dan Ilmu Pengetahuan Dasar.

Tes Bakat Skolastik (TBS) akan berupa, antara lain, tes intelegensi. Tes ini bertujuan mengukur potensi dan bakat seseorang untuk belajar di perguruan tinggi. Tes terdiri atas 3 subtes. Pertama, tes kemampuan verbal, dimaksudkan untuk mengukur kemampuan penalaran verbal dan dalam memahami gagasan suatu wacana. Kedua, tes kuantitatif. Tes ini akan mengukur kemampuan peserta dalam mengorganisasi informasi guna menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan angka. Ketiga, tes penalaran, bertujuan untuk mengukur kemampuan mengevaluasi dan menyusun kesimpulan.

Agus yang ditemui di kampus UGM, Jumat (28/2), menambahkan, "Selain itu, diujikan pula Ilmu Pengetahuan Dasar (IPD), yang meliputi tes Matematika Dasar dan Bahasa Inggris. Bagi peserta yg lolos seleksi PBS ini, nantinya wajib mengikuti tes wawancara pada tanggal 15 Maret 2009 di UGM." (Humas UGM)

No comments:

Post a Comment

Search Web Here :

Google
Hope all visited can search anything in "Goole Search" above. click button BACK" in page search)